Open BTS – Bikin Jaringan Operator sendiri - UNIT F
Headlines News :
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Home » » Open BTS – Bikin Jaringan Operator sendiri

Open BTS – Bikin Jaringan Operator sendiri

Written By riza falefi on Sabtu, 30 April 2011 | 08.31



OpenBTS (Open Base Transceiver Station) adalah sebuah BTS GSM berbasis software, yang memungkinkan handphone GSM untuk menelepon tanpa menggunakan jaringan operator selular. OpenBTS dikenal sebagai implementasi open source pertama dari protokol standard industri GSM.
penjelasan dari sini
Walaupun ane gak terlalu mudeng teknologi ini, tapi sepertinya bakalan ber prospek cerah.. Bayangkan saja kita bisa membuat sebuah BTS sendiri. Dengan perkiraan harga sekitar 15-30juta rupiah. Bandingkan dengan BTS milik operator seluler biasa yang mencapai milyaran rupiah. wow…
Di Indonesia, proyek Open BTS ini dimulai oleh hacker budiman kita. alias Pak Onno W Purbo hehe.. Dan sejauh pengamatan ane (ceileh) beliau sudah berhasil mengimplementasikan teknologi ini.. lagi-lagi wow :D
instalasi open bts
Sayangnya, pemerintah kita belum mengijinkan operasional Open BTS ini :-( . Mungkin karena tekanan provider telekomunikasi yang sudah ada :D .
bisa dibayangkan kalau misalnya dilegalkan, Fasilitas telfon murah akan benar-benar ada bahkan gratis !
Share this article :

1 komentar:

Dharmawan mengatakan...

unix jugaaaaaaa_

Poskan Komentar

TEMPAT JUAL BELI TEMPLATE/ SALE YOUR TEMPLATE

melayang


 
Support : Creating Website | UNIT F | unitf blog
Copyright © 2011. UNIT F - All Rights Reserved
Template Modify by M.R.F
Proudly powered by Blogger