gambas dan visual basic - UNIT F
Headlines News :
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Home » » gambas dan visual basic

gambas dan visual basic

Written By riza falefi on Senin, 28 Februari 2011 | 08.08


16LogoGambasBagi Anda yang telah lama berkecimpung dengan Linux, mungkin sudah tidak asing dengan nama Gambas, sebuah aplikasi dengan interface yang mirip dengan Visual Basic di Windows.
Adalah Benoit Minisini, seorang pria Perancis yang tinggal di daerah sekitar kota Paris dan lahir pada tahun 1973 ini, yang pertama kali membuat Gambas, sebagai sebuah proyek hobby.
Benoit Minisini yang telah menggemari dunia pemrograman sejak berusia 12 tahun ini, telah banyak menghasilkan bahasa, compiler, assembler maupun interpreter. Benoit Minisini telah bekerja sejak 1997, memulai karir programmingnya dengan bahasa BASIC pada mesin Amstrad 464, dan kemudian beralih pada Atari 520 STE. Lalu selama menjalani pendidikan di E.P.I.T.A., ia menulis interpreter Lisp untuk Windows 3.1. Selama enam bulan bermain dengan Windows, Benoit Minisini menemukan begitu banyak bugs pada sistem operasi tersebut. Hal tersebut, dan juga kecintaannya pada bahasa BASIC, mendorongnya untuk membuat Gambas pada platform Linux.
Namun, meskipun memiliki kemiripan dalam hal tampilan dan bahasa yang digunakan, Gambas sama sekali bukan clone dari Visual Basic. Dalam situsnya, Gambas, yang merupakan singkatan rekursif dari kata Gambas Almost Mean BASic, bahkan dikatakan bahwa Gambas tidak akan pernah menjadi kompatibel dengan Visual Basic. Dan meski berharap bahwa suatu saat Gambas akan bisa menjadi sebuah cross-patform application, namun Benoit Minisini mengatakan bahwa ia sendiri tak akan mem-porting Gambas pada platform Windows, meskipun ia akan bersedia membantu bagi orang lain yang bersedia untuk melakukan itu.
Cukup banyak perbedaan-perbedaan yang terdapat antara Visual Basic dan Gambas, termasuk statement-statement yang digunakan di dalamnya. Namun bagi Anda yang sudah terbiasa dengan Visual Basic, seharusnya tak akan terlalu sulit untuk membiasakan diri dengan lingkungan kerja dan perintah-perintah yang digunakan dalam Gambas.
2004-09-06
Gambar lingkungan kerja Gambas di desktop KDE Linux
vb_form_load_code
Gambar Visual Basic dalam lingkungan kerja Windows XP
Versi terbaru dari Gambas saat tulisan ini dibuat adalah versi 2.12. Anda dapat mendownloadnya di situsnya dihttp://gambas.sourceforge.net/.
Dan, jika Anda masih juga merasa kesulitan untuk beradaptasi dengan Gambas, mungkin proyek Mono dapat menjadi alternatif lain, karena dengan Mono, Anda dapat tetap menggunakan Visual Basic, meskipun dalam lingkungan Linux, meskipun sebenarnya, Mono didesain lebih untuk penggunaan aplikasi .Net dalam lingkungan Linux.
Bagaimana? Anda ingin mencoba?

Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

TEMPAT JUAL BELI TEMPLATE/ SALE YOUR TEMPLATE

melayang


 
Support : Creating Website | UNIT F | unitf blog
Copyright © 2011. UNIT F - All Rights Reserved
Template Modify by M.R.F
Proudly powered by Blogger